Blog-nya Anak SMA Negeri 7 Purworejo

Kalender Hijriyah


Sabtu, 16 Maret 2013

Korsel: Korut Uji Coba Misil Jarak Pendek


SEOUL - Militer Korea Selatan (Korsel) melaporkan, Korea Utara (Korut) menguji coba misil jarak pendek di wilayah perairan timur. Uji coba itu tampaknya menjadi respons Korut atas latihan militer Amerika Serikat (AS) dan Negeri Ginseng itu.

Korut dilaporkan telah menguji coba misil KN-o2 saat mereka menggelar latihan tempur. Pejabat militer Korsel itu tidak mengatakan kapan misil itu ditembakan, namun Korut dipastikan sudah melakukan hal itu. Demikian, seperti diberitakan Associated Press, Sabtu (16/3/2013).

Peluncuran misil jarak pendek itu diduga menjadi salah satu program negeri komunis Korea yang ingin memperbaharui kapabilitas militernya. Semenanjung Korea juga masih dilanda ketegangan karena Korut merasa terancam dengan latihan perang AS dan Korsel.

Sejauh ini, Pemerintah Korut belum berkomentar mengenai uji coba misil tersebut. Mereka umumnya melaporkan keberhasilan uji coba senjatanya beberapa saat setelah uji coba itu dilaksanakan.

Korut belakangan ini juga terus memperkuat kekuatan pertahanannya dan mewaspadai akan pecahnya peperangan dengan Korsel. Korut juga melakukan pembatalan Perjanjian Gencatan Senjata 1953 secara sepihak, tanpa persetujuan Korsel.

Para pengamat mengatakan, ancaman-ancaman yang disuarakan Korut ke Korsel tak lain adalah sebuah strategi politik. Korut dinilai mencoba memaksa AS untuk melakukan pelucutan senjata dan meneruskan pengiriman bantuan pangan ke negeri komunis itu.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Sinatria

BTemplates.com

Total Tayangan

Labels

Iklan

Iklan